Simpan » Diposting oleh imam » Jumat, 06 November 2009 »
permalink

Jumat, 06 November 2009
imam
No comments

Respon yang Salah

Emosi/Perasaan yang tak Terkendali Menimbulkan Tindakan yang salah!
Yang kita bicarakan bukanlah emosi kemarahan tapi kecemasan akan menimbulkan tindakan yang salah tanpa kita sadari berikut ini contohnya:
Cerita 1, sewaktu ketika kita ada di dalam bis, tiba2 hp kita hilang, lalu orang sebelah kita memberitahu ''mas ni hpnya terjatuh, hati2 jangan sampai jatuh lagi'' sembari pengembalikan hpnya ke kita! mungkin respon kita hanya mengucapkan ''makasih ya mas''.
Cerita 2, kita berada di dalam bis, tiba2 hp kita hilang tapi dicari-cari tidak ketemu, lalu saat keluar bis, ada orang yang memanggil ''mas ni hpnya tdi terjatuh'' mungkin respon kita ''makasih banyak yang mas'' memberikan ucapan terima kasih melebihi pada konteks cerita 1.
Cerita 3, ketika kita berada di dalam bis hp kita hilang sudah dicari berjam-jam tapi tidak ketemu, kita mencoba menghubungi no.hp yang hilang berulang-ulang tapi tak ada jawaban keesokan harinya ada yang menghubungi kita lewat sms ke no. yang kita pakai untuk menghubungi no.hp kita yang hilang isi sms ''mas kemarin saya menemukan hp. mas yang jatuh, jika ingin mengambilnya silahkan datang ke alamat jln.....'' membaca sms tersebut kita merasa senang bukan kepalang, lalu kita datang ke alamat tersebut, orang yang menemukan hp kita berkata ''mas ini hp.nya yang kemarin saya temukan di bis'' mungkin respon kita ''mas makasih banyak ya! kalo nggk ada mas pasti hp saya hilang'' mengucapkan terimakasih yang lebih dibandingkan pada konteks cerita 1 dan 2, bahkan mungkin memberi sedikit rupiah atau hadiah kepada orang tersebut!
Jika kita memahami ketiga cerita tersebut, Sebenarnya respon yang kita berikan salah, seharusnya kita mengucapkan terimasih yang lebih kepada orang pada cerita 1 , karena ia langsung memberikan hanphonenya kepada kita dengan ikhlas tanpa memikirkan hal2 lain, sedangkan pada cerita 2 dan ketiga saya rasa kurang ikhlas mengembalikan handphone kita, jika ikhlas dan tak memikirkan hal2 lain kenapa tidak langsung mengembalikan kepada kita! bahkan mungkin pada orang cerita 3, sudah membuka beberapa informasi di hp.kita, mungkin saja! coba kita pahami!


Reaksi:

0 komentar:

Ayo komentar kamu yang pertamax wa di Respon yang Salah

 
powered by blogger.com and maxwidth simple build 0.02 mobile template